TOKOH DAN PENOKOHAN

        Tokoh adalah individu yang mengalami peristiwa atau pelau cerita, sedangkan penokohan adalah penciptaan karakter antartokoh. Usaha untuk membedakan peran satu dengan perna yang lain juga dapat dikatakan sebagai penokohan. Penokohan atau perwatakan dalam sebuah lakon memegang peranan sangat penting. tanpa perwatakan tidak akan ada cerita dari plot.     

    Teater adalah seni pementasan yang dimainkan di atas pentas dan disaksikan oleh penonton. Berdasarkan materi pementasannya, jenis teater dapat dikelompokkan sebagai berikut :

1. Teater Boneka

    Teater boneka sudah ada sejak zaman India Kuno, Mesir Kuno, dan Yunani Kuno. Boneka sering digunakan untuk menceritakan legenda atau kisah-kisah religius. banyak jenis boneka dimainkan dengan cara yang berbeda. Contohnya boneka tangan , boneka tongkat, dan boneka tali. 

2. Drama Musikal

        Drama musikal adalah pertunjukan teater yang menggabungkan seni menyanyi, menari, dan akting. Yang termasuk dalam drama musikla adalah kabaret, operet, dan opera. dalam opera, dialog para tokoh dinyanyikan dengan iringan musik orkestra dan lagu yang dinyanyikan disebut seriosa. 

3. Teater Gerak

      Teater gerak merupakan pertunjukan teater yang unsur utamanya gerak dan ekspresi wajah pemainnya. Teater gerak yang paling populer dan bertahan sampai saat ini adalah pantomim. Pantomim mencoba mengungkapkan ekspresinya melalui gerak dan mimik para pemainnya.

4. Teater Dramatik

        Dramatik adalah istilah digunakan untuk menyebut pertunjukan teater yang berdasar pada dramatika lakon yang diperankan. Teater ini menonjolkan laku aksi pemain dan melengkapinya dengan sensasi sehingga penonton tergugah.

5. Teatrikal Puisi

        Teatrikal puisi adalah pertunjukan teater yang dibuat berdasarkan karya sastra puisi. Dalam proses penciptaan teater, setidaknya ada empat unsur penting di dalamnya, yaitu :

  • Lakon atau cerita yang ditampilkan, dapat berwujud naskah, skenario tertulis, atau skenario tidak tertulis/lisan
  • Pemain, yaitu orang yang membawakan lakon.
  • Sutradara, sebagai penata pementasan di panggung
  • Penonton
   

Comments

Popular posts from this blog

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI part 2 (House Manager dan Tim Artistik)

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI (tim Produksi)

MODIFIKASI OBJEK SENI RUPA TIGA DIMENSI part 2 (Jenis Patung)