KARAKTER

 

      Selain peran dan tokoh, komponen lain yang berkaitan dengan penokohan dalam teater adalah karakter. Karakter adalah jenis peran yang akan dimainkan. Karakter diciptakan oleh penulis lakon berdasarkan perkembangan tertentu. Karakter berbeda dengan penokohan. Penokohan adalah proses kerja untuk memainkan peran yang ada dalam naskah lakon. Penokohan biasanya didahului dengan menganalisis peran tersebut sehingga dapat dimainkan.

 

1.       Jenis Karakter

a.       Flat Character

Flat Character atau karkater datar adalah jenis karakter tokoh yang ditulis oleh penulis lakon secara datar dan biasanya bersifat hitam-putih. Flat Character biasanya ada pada karakter tokoh yang tidak terlalu penting atau karkater tokoh pembantu, tetapi diperlukan dalam sebuah lakon.

 

b.       Round Character

Round Character adalah karkater tokoh dalam lakon yang mengalami perubahan dan perkembangan baik secara kepribadian maupun status sosialnya. Karakter ini biasanya terdapat pada karakter tokoh utama, baik tokoh protagonist maupun tokoh antagonis.

 

c.       Teatrikal

Teatrikal adalah jenis karakter tokoh yang tidak wajar, unik, dan lebih bersifat simbolis. Karakter ini hanya symbol dari psikologis masyarakat, suasana, dan keadaan zaman yang tidak bersifat manusiawi tetapi dilakukan oleh manusia.

 

d.       Karikatural

Karikatural adalah karakter tokoh yang tidak wajar, dan cenderung menyindir. Sifat karikatural ini dapat berupa dialog-dialog yang diucapkan oleh karakter tokoh, atau berupa tingkah laku, bahkan perpaduan antara ucapan dan tingkah laku.

Comments

Popular posts from this blog

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI part 2 (House Manager dan Tim Artistik)

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI (tim Produksi)

MODIFIKASI OBJEK SENI RUPA TIGA DIMENSI part 2 (Jenis Patung)