Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

Media berkarya seni rupa tiga dimensi sangat beragam bergantung dari teknik yang digunakan. Teknik pembuatan seni rupa tiga dimensi antara lain sebagai berikut. 

1. Teknik Pahat 
     Yaitu mengurangi bahan menggunakan alat pahat, misalnya membuat patung dan ralief dengan bahan dasar kayu dan batu. Cara pembuatannya menggunakan alat pahat (tatah) atau ukir dan martil. Bahan (media) yang digunakan adalah bahan keras, seperti batu, cadas, kayu, gips, dan tanah liat kering. 

2. Teknik Butsir 
     Yaitu membentuk benda dengan mengurangi dan menambahkan bahan menggunakan alat telapak tangan dan alat lain (kayu dan kawat) sederhana, misalnya membuat keramik dengan bahan dasar tanah liat. Bahan yang digunakan lunak, elastis, dan lentur antara lain tanah lias dan plastisin. 

3. Teknik Cor 
     Yaitu prosea menuang menggunakan bahan cair yang dituangkan pada alat acuan yang berbentuk cetakan. Setelah menjadi keras dikeluarkan dari acuan/cetakan. Bahan cair ini dibuat dari semen, plastik, karet, gips, dan logam (tembaga atau besi), misalnya membuat patung. 

4. Teknik Las 
     Yaitu membuat karya seni dengan cara menggabungkan bahan satubke bahan lain untuk mendapatkan bentuk tertentu, misalnya membuat patung kontemporer dengan bahan dasar logam. 

5. Teknik Cetak 
     Yaitu membuat karya seni dengan cara membuat cetakan terlebih dahulu, misalnya membuat keramik dan patung dengan bahan dasar tanah liat dan semen. 

◇ Simbol Dalam Karya Seni Rupa Tiga Dimensi 

Simbol merupakan lambang yang mengandung makana atau arti. Secara konseptual kata simbol memiliki beberapa pengertian sebagai berikut. 
1. Sesuatu yang biasanya merupakan tanda yang kelihatan untuk menggantikan gagasan atau objek tertentu. 

2. Kata, tanda, dan isyarat yang digunakan untuk mewakili sesuatu yang lain yaitu arti kualitas, abstraksi, gagasan dan objek. 

3. Tanda-tanda konvensional, yaitu sesuatu yang dibangun oleh masyarakat atau individu-individu dengan arti tertentu yang kurang lebih standar yang disepakati atau dipakai anggota masyarakat itu. 

     Dalam pembelajaran seni rupa, simbol dijelaskan sebagai makna yang dikandung dalam karya seni rupa, baik wujud objeknya maupun unsur-unsur rupanya. Sebagai contoh merah simbol keberanian, patung kuda simbol kegagahan, dan sebagianya. 





Sumber : Buku LKS Seni Budaya Kelas X  semester 1. 
 

Comments

Popular posts from this blog

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI part 2 (House Manager dan Tim Artistik)

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI (tim Produksi)

MODIFIKASI OBJEK SENI RUPA TIGA DIMENSI part 2 (Jenis Patung)