Nilai Estetis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

Nilai Estetis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

     Prinsip - prinsip seni rupa adalah nilai-nilai keindahan didalam seni rupa yang kerap dikaitkan dengan kualitas karya seni rupa yang mengandung unsur kesatuan (unity), keselarasan (harmony), keseimbangan (balance ) , dan kontras (contrast) sehingga menimbulkan perasaaan haru, nyaman, nikmat dan bahagia, agung, getir, ataupun rasa senang. 
    Proses terciptanya seni dan keindahan tidak dapat dipisahkan dengan kreativitas. Kreativitas diartikan sebagai serangkaian usaha yang dilakukan oleh seseorang, baik secara sadar maupun tidak sadar guna mewujudkan karya yang bersifat orisinal atau baru. 

    Dalam dunia seni rupa dan budaya benda, pembicaraan estetika yang penting adalah tentang simbolisme, karena manusia bukan hanya sebagai pembuat alat, melainkan juga sebagai makhluk pembuat simbol melalui bahasa visual. Menurut gagasan Ernst Cassirer tentang bentuk simbolis adalah karya estetis bukanlah semata-mata reproduksi dari realitas yang "selesai". Seni merupakan salah satu jalan ke arah pandangan objektif atas benda-benda dan kehidupan manusia. 

Berikut adalah sifat-sifat seni . 
1. Simbolis 
    Karya seni tradisionla biasanya diwarnai perlambangan dalam bentuk metafora binatang, tumbuhan, bangunan, atau figur manusi. Metafora binatang dan tumbuhan banyak kita jumpai di candi-candi, motif hias kain batik, bahkan perabotan sehari-hari. 

2. Mitologis 
    Sifat mitologis adalah legenda dan mitos suatu daerah yang ditransformasi lewat karya seni. Sebagai contoh, bentuk wayang yang mempunyai karakter masing-masing termasuk karya seni bersifat mitologis , patung-patung yang dianggap dapat mempunyai kekuatan menolak bala, dan sebagainya. 

3. Religius 
    Sifat religius adalah karya seni yang digunakan sebagai penunjang kegiatan kegiatan ritual dan penyampaian ajaran agama. Simbol-simbol keagamaan biasanya terdapat pada bangunan tempat ibadah, model pakaian, ornamen pendukung, dan alat penunjang kegiatan ritual. 

4. Fungsional
    Seni dapat memacu kreativitas, selain memiliki nilai-nilai estetika, seni juga memiliki sifat menghibur ( menggugah ) dan manfaat. 
a. Menghibur dan Menggugah 
    1)  Sebagai wujud ungkapan rasa senang penciptanya.
     2) Menggembirakan penikmatnya
     3) Membahagiakan masyarakatnya 

b.  Manfaat 
      1) Sebagai benda praktis atau alat-alat keperluan rumah tangga . 
      2) Sebagai tempat yang nyaman 
      3) Menciptakan berbagai model, pakaian, kendaraan, dan lain-lain. 
      4) Sebagai media hiburan .  




Sumber : Buku LKS Seni Budaya Kelas X semester 1. 

Comments

Popular posts from this blog

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI part 2 (House Manager dan Tim Artistik)

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI (tim Produksi)

MODIFIKASI OBJEK SENI RUPA TIGA DIMENSI part 2 (Jenis Patung)