Teknik dan Prosedur Karya Seni Rupa

Teknik adalah cara yang digunakan untuk berkarya sesuai dengan media yang dipilih. Penentuan teknik tergantung pada media yang digunakan . 

Dalam menghasilkan sebuah karya seni rupa dibutuhkan teknik yang kita kenal dan bisa diterapkan dalam menghasilkan karya seni rupa dua dimensi adalah sebagai berikut .

a. Teknik linier 

Teknik linier adalah cara menggambar objek dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, baik garis lurus maupun garis lengkung . 

b. Teknik Dussel ( Gosok ) 

Dussel adalah teknik menggambar untuk mendapatkan ruang ( gelap atau terang ) dengan cara menggosok untuk meratakan warna. Alat yang digunakan seperti pensil digoreskan dalam posisi miring ( rebah ).

c. Teknik siluet ( Blok ) 

Blok adalah teknik menggambar untuk mendapatkan kesan ruang dengan cara menutup secara rata bagian-bagian yang kita kehendaki. 

d. Teknik Pointilis 

Teknik pointilis adalah cara menggambar atau melukis dengan menggunakan titik-titik hingga membentuk objek.


e. Teknik Aquarel 

Teknik ini menggunakan bahan dengan campuran air diatas kertas, kain, atau bidang lain. Hasilnya berupa gambar transparan karena menggunakan sapuan tipis dalam menggores.


f. Teknik semprot 

Teknik ini dilakukan dengan cara menyemprotkan bahan cat air dengan menggunakan sprayer. 

g. Teknik plakat 

Teknik plakat yaitu cara menggambar menggunakan bahan cat air atau cata poster dengan sapuan warna yang tebal sehingga hasilnya tampak pekat dan menutup. Teknik ini paling sering digunakan untuk melukis 

h. Teknik Kolase 

Teknik kolase adalah teknik melukis yang dilakukan dengan memotong kertas menjadi bagian kecil-kecil, lalu potongam kertas tersebut kita tempel pada bidang lukis sehingga membentuk lukisan . 

i. Teknik Tempera 

Teknik tempera adalah teknik melukis yang dilakukan khusus pada dinding yang masih basah sehingga hasilnya akan menyatu pada desain arsiteknya .

j. Teknik Transparan 

Merupakan teknik yang sering dipakai ketika memggambar atau melukis, biasanya memakai cat air, tetapi hanya sekedar digoreskan tipis-tipis saja, sehingga akan menghasilkan tekstur yang transparan.

k. Teknik 3M (Melipat, Menggunting dan Merekat)

Teknik ini adalah teknik manipulasi lembaran-lembaran kertas yang dirangkai dengan sedemikian rupa, sehingga membentuk sebuah bentuk karya seni rupa 3 dimensi.

l. Teknik Arsir

Teknik arsir dibuat dengan menorehkan pensil, spidol, tinta, atau alat lain berupa garis-garis berulang yang menimbulkan kesan gelap terang atau gradasi. 



Sumber : 

Buku paket Seni Budaya Yudhistira SMA Kelas X kurikulum 2013

Comments

Popular posts from this blog

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI part 2 (House Manager dan Tim Artistik)

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI (tim Produksi)

MODIFIKASI OBJEK SENI RUPA TIGA DIMENSI part 2 (Jenis Patung)