MODIFIKASI OBJEK SENI RUPA TIGA DIMENSI (Seni Patung)

                                                

A. Pengertian Seni Rupa tiga Dimensi dengan Memodifikasi Objek

        Di kelas X anda telah mempelajari pengertian seni rupa tiga dimensi. Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki tiga karateristik, yaitu ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Lantas apakah yang dimaksud dengan karya seni rupa tiga dimensi dengan memodifikasi objek ? karya seni rupa tiga dimensi dengan memodifikasi objek adalah karya seni rupa tiga dimensi yang telah diubah berdasarkan tema, teknik, dan bahan baku atau media yang digunakan. Modifikasi-modifikasi tersebut dilakukan sebagai bentuk ekspresi kreatif dan seniman yang turut memperkaya hasil karya rupa tiga dimensi. 

B. Karya Seni Rupa tiga Dimensi dengan Memodifikasi Objek

  1. Seni Patung          

        Untuk melengkapi pemahaman kita mengenai pengertian seni patung, berikut ini disampaikan beberapa pendapat para ahli seni rupa yang mendefinisikan seni patung.

Mikke Susanto

        Seni patung adalah sebuah tipe karya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi bahan seperti memotong, menatah) atau aditif (membuat model lebih dulu seperti mengecor dan mencetak) (Susanto, 2011: 296).

Soenarso dan Soeroto

        Seni Patung adalah semua karya dalam bentuk meruang. Menurut Kamus Besar Indonesia adalah benda tiruan, bentuk manusia dan hewan yang cara pembuatannya dengan dipahat  (Soenarso dan Soeroto, 1996: 6).

B.S Mayers

        Seni patung adalah karya tiga dimensi yang tidak terikat pada latar belakang apa pun atau bidang manapun pada suatu bangunan. Karya ini diamati dengan cara mengelilinginya, sehingga harus nampak mempesona atau terasa mempunyai makna pada semua 6 seginya (Mayers, 1958: 131-132).

 Sumber : Buku paket Seni Budaya kelas XI

Comments

Popular posts from this blog

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI part 2 (House Manager dan Tim Artistik)

PEMBENTUKAN PANITIA PERGELARAN TARI (tim Produksi)

MODIFIKASI OBJEK SENI RUPA TIGA DIMENSI part 2 (Jenis Patung)